9 Rahasia Laris Memulai Bisnis Jasa Make-Up Artist

Make-up adalah solusi mudah untuk menambah rasa percaya diri manusia, termasuk perempuan. Di zaman milenial ini, banyak sekali orang berlomba untuk menjadi beauty vlogger dan juga make-up artist. Ini terjadi karena memang bisnis jasa make-up artist tidak pernah sepi di pasaran. Berikut ini adalah 9 rahasia laris memulai bisnis jasa make-up artist.

1. Mulai Dari Melengkapi Peralatan Make-Up Anda

Menjadi seorang penata rias professional, membuat anda tak hanya wajib mengenal beragam jenis rias wajah seperti, bedak, mascara, eye shadow, foundation, lipstik, dan lain sebagainya. Tapi juga, anda harus belajar mengerti variasi penggunaan banyak alat di atas. Tak hanya itu, urutan waktu penggunaan yang tepat ketika hendak memakaikannya juga menjadi poin yang krusial.

Hal pertama yang perlu anda siapkan ketika ingin menempuh jalan sebagai Make-Up Artist adalah membeli serta mempersiapkan alat-alat make-up yang dibutuhkan. Sayangnya kadang urusan melengkapi alat-alat ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi seorang Make-Up Artist karena alat-alat make-up ini tidaklah murah.

Untuk menyiasati hal ini, anda dapat membuat skala prioritas peralatan make-up anda. Buatlah daftar barang-barang kebutuhan lalu tandai barang-barang yang akan anda beli terlebih dahulu. Kemudian mulailah menabung untuk membeli sisanya.

2. Meningkatkan Skill dengan Melihat Tutorial dan Mengikuti Workshop

Seorang Make-Up Artist yang baik harus memiliki semangat belajar seumur hidup. Keahlian yang tinggi sebenarnya merupakan hasil dari pengorbanan waktu dan tenaga untuk mengasah keterampilan dan keahlian ini. Di masa kini anda bisa belajar dari banyak tempat.

Salah satunya adalah belajar dari tutorial yang tersedia di berbagai kanal youtube maupun akun Instagram. Luangkan waktu anda untuk mengaplikasikan tutorial-tutorial ini. Niscaya kemampuan anda akan segera meningkat. Tak hanya itu anda juga dapat mengambil berbagai kursus online maupun offline yang banyak disediakan oleh para make-up artist terdahulu.  

3. Belajar Teknik-Teknik Make-Up Artist

Tak cukup hanya menguasai beragam alat make-up, anda juga diharuskan untuk menguasai bermacam-macam teknik make-up yang tersedia. Anda dapat belajar dari mana saja. Ada banyak video serta artikel prosedural yang telah beredar di dunia maya. Semuanya mengajarkan tentang beragam teknik make-up yang berasal dari seluruh belahan dunia.

Melalui segala macam proses pembelajaran teknik make-up, anda mungkin akan berjumpa dengan berbagai tantangan bahkan melakukan bermacam-macam kesalahan.

Tapi janganlah berputus asa dalam Bisnis Jasa Make-Up Artist, anda bisa belajar juga bagaimana cara memperbaiki kegagalan tersebut sehingga anda mendapatkan bekal solusi dan hasil maksimal. Jangan lupa juga untuk terus bersemangat mempraktikkan beragam eksperimen serta memperoleh teknik-teknik makeup terbaru.

4. Mulai dari Merias Diri Sendiri

Make-up merupakan sebuah seni menghiasi wajah. Untuk memulai belajar teknik-teknik merias wajah, anda dapat memulainya dengan bereksperimen pada wajah anda sendiri. Dengan menggunakan wajah sendiri sebagai kanvas hidup, anda tak perlu ragu menerapkan berbagai macam teknik serta tutorial make-up.

Fase ini adalah fase pertama dalam trial and error sebagai seorang make-up artist. Cobalah berbagai macam jenis make-up dan pastikan anda berkesperimen sebanyak-banyaknya sebelum anda akhirnya percaya diri untuk melakukan rias wajah pada orang lain.

5. Menggunakan Orang Lain untuk Bereksperimen

Ketika anda sudah merasa puas dengan hasil make-up anda yang dipraktikkan pada diri sendiri, mungkin sudah saatnya untuk mencoba belajar dari eksperimen make-up kepada orang lain. Pastikan anda sudah memiliki rasa percaya diri dengan kemampuan anda sebelum mencoba melakukan tahapan ini.

Mulailah berekseprimen pada anggota keluarga anda misalnya, ibu, saudara perempuan, atau sepupu dan bahkan keponakan. Jangan lupa untuk berdiskusi dengan mereka untuk menyesuaikan skill anda terhadap apa yang mereka inginkan. Setelah anda selesai bereksperimen, bertanya kepada mereka juga dapat menjadi sebuah pembelajaran yang baik. Pendapat klien adalah selalu yang utama dan terpenting ketika anda hendak memulai usaha di bidang jasa.

6. Selalu Up to Date Terhadap Tren Make-Up

Ketika anda memutuskan memulai bisnis jasa make-up artist, anda harus paham segala risiko dan kerja keras seorang professional. Selalu memperbarui pengetahuan tentang tren make-up terkini bisa jadi yang terpenting dalam profesi ini. Anda harus terus mencari pengetahuan baru tentang perkembangan make-up serta tren terbaru yang sedang berlangsung maupun yang akan datang.

Anda dapat mencari tahu melalui berbagai media termasuk majalah, koran dan media sosial. Tak hanya tren make-up di Indonesia, anda juga harus memahami betul tren yang sedang berlangsung di luar negeri. Namun demikian, ada kalanya anda juga harus mengambil keputusan, apakah trend yang dimaksud cocok jika diaplikasikan kepada calon klien dan juga klien anda.

7. Menemukan Signature Look

Signature look adalah hal yang perlu dicari oleh seorang make-up artist professional. Anda tidak perlu mencarinya kemana-mana, yang perlu anda lakukan adalah membuat ciri khas anda sendiri. Setelah mempelajari berbagai macam teknik dan berkesperimen pada berbagai macam kanvas hidup, tentunya anda telah berhasil meraih level baru dalam keahlian anda. Dari sinilah anda kemudian dapat mengembangkan signature look tersendiri.

Signature look tidak hanya baik bagi portfolio anda tapi ia juga akan menjadi konten promosi yang baik bagi akun sosial media anda. Pelanggan pasti akan dengan mudak mengidentifikasi karya anda juka anda memiliki signature look tersendiri. Hasilnya, anda akan menemui lebih banyak lagi pelanggan yang setia dan terus kembali untuk menyewa jasa anda.

8. Menyesuaikan Make-Up dengan Request Klien

Bertahan dalam Bisnis Jasa Make-Up Artist, tidak cukup hanya dengan menggunakan signature look. Anda wajib menguasai segala macam teknik tata rias yang sudah ada. Tujuannya, agar anda dapat menyesuaikan make-up look dengan keinginan klien. Ingatlah, sebagai penata rias profesional, anda sebenarnya bekerja untuk memenuhi kebutuhan klien. Ada saat dimana anda harus mengesampingkan keinginan pribadi dan lebih mengutamakan kemauan pelanggan.

Dengan demikian, anda harus bisa mengerti apa yang diinginkan oleh klien serta mampu mengabulkan ekspektasi pelanggan itu. Klien akan sangat puas dengan pelayanan yang anda berikan sehingga nantinya ia akan memutuskan untuk menjadi salah satu pelanggan tetap anda di waktu mendatang.

9. Melakukan Promosi dan Membuat Portfolio Bisnis Jasa Make-Up Artist

Banyak yang bilang bahwa era sosial media adalah era terbaik dalam hidup mereka. Arus informasi bebas sering kali memang membuat hidup lebih mudah. Era ini menjanjikan banyak sekali kesempatan bagi orang-orang dengan keahlian khusus termasuk juga Make-Up Artist.

Ketergantungan masyarakat terhadap sosial media telah menjadikannya sebagai sebuah jembatan promosi yang menguntungkan. Sebagai seorang Make-Up Artist anda pun dapat menggunakan sosmed sebagai lahan promosi gratis. Bangunlah sebuah akun khusus untuk mengunggah foto-foto hasil tata rias anda.

Manfaatkanlah sosial media ini dengan maksimal. Jangan ragu untuk berinvestasi pada promosi. Pilihlah paket-paket kampanye iklan yang disediakan oleh sosmed pilihan anda, lalu perluas jangkauan anda dengan meraih lebih banyak pengikut.

Setelah mempelajari langkah-langkah memulai bisnis jasa make-up artist tentunya anda sudah tak sabar lagi untuk mencobanya. Jangan lupa bahwa semangat adalah yang nomor satu dalam segala bidang bisnis dan usaha. Semoga anda beruntung!