8 Tips Penting Saat Memulai Bisnis Menjadi Penulis Lepas

Menulis bisa menjadi lahan rejeki bagi sebagian orang yang benar-benar cukup tangguh untuk memulai bisnis penulis lepas. Berikut ini adalah 8 tips penting yang dapat dipraktikkan saat memulai bisnis menjadi penulis lepas.

1. Perbanyak Bacaanmu

Membaca adalah modal utama seorang penulis. Dengan membaca, kamu akan mengingat berbagai kosa kata serta padanannya secara tidak sadar.

Selain memperbanyak bank kata di memori anda, membaca juga melatih kemampuan anda untuk mengenali struktur tulisan yang baik. Tidak heran bahwa orang yang gemar membaca hampir selalu dapat membuat teks yang enak dibaca serta mengalir dengan indah.

Membaca memperkaya kemampuan riset anda. Dan ini tentunya wajib dipunyai oleh seorang penulis lepas. Bisnis yang tidak mudah ini akan berkurang tingkat kesulitannya jika anda mengusai Teknik riset yang cepat dan baik.

Lampaui kompetitor anda dengan selalu membaca dan meriset segala sesuatu yang anda suka. Apalagi kadang, beda antara seorang penulis yang baik dengan yang tidak terletak pada kedalaman pemikirannya.

2. Kenali Gaya Tulisan Anda

Setelah memperkaya diri dengan berbagai macam bacaan, hal selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah mulai menulis.

Bagi sebagian orang, memulai sesuatu memiliki tantangan tersendiri. Sebuah lompatan keputusan selalu dimulai dengan ketakutan yang hebat. Tetapi yakinlah jika anda sudah terjun bebas, menulis adalah surge yang tak pernah habis nikmatnya.

Beberapa saat setelah anda mulai rutin menulis sesuatu, anda akan menemukan gaya tulisan anda sendiri. Inilah yang akhirnya menjadi aset utama yang dpat anda jual kepada klien. Setiap penulis hebat pasti punya gaya bertutur personal. Tidak hanya itu mereka bahkan memiliki niche tersendiri yang menunjukkan bidang keahlian masing masing.

Ada beberapa jenis penulisan yang sering dilirik klien. Anda tidak perlu memilih salah satu, anda dapat melakukan semuanya jika mau. Berikut ini daftar jenis penulisan yang dapat anda dalami:

  • Penulisan akademik
  • Penulisan konten
  • Copywriting untuk digital marketing
  • Penulisan Kreatif
  • Penulisan CV, resume, dan dokumen bisnis

3. Bangun Jaringan Bisnis

Ada banyak cara untuk membangun jaringan bisnis penulisan yang tepat. Saya akan membagi beberapa cara yang sudah sering saya gunakan di bawah ini.

  • Mendaftar platform lowongan kerja freelancer

Ada beberapa website penyedia lowongan kerja bagi freelancer contohnya fastwork.id , sribulancer.com , freelancer.com , dan masih banyak lagi. Sebagai seorang penulis lepas anda harus secara aktif mengejar kesempatan kerja. Salah satu caranya adalah dengan mendaftarkan akun anda pada situs-situs tersebut dan mulai pencarian kerja.

  • Menyebarkan kartu nama anda

Membuat dan menyebarkan kartu nama mungkin dinilai sangat kuno bagi orang jaman sekarang. Tapi percayalah trik ini kadang mampu mendatangkan kesempatan kerja yang tidak sedikit juga. Bergaulah dan sebarkan kartu nama anda kepada calon-calon klien potensial yang anda temui. Niscaya anda akan kebanjiran pesanan.

  • Email Marketing

Salah satu cara yang pernah saya coba adalah melakukan pemasaran jasa melalui email. Anda dapat membuat kalimat penawaran yang unik lalu mengirimkan email ke berbagai calon klien. Jangan lupa buat headline yang mengundang dan membuat klien berhenti untuk membaca email anda.

4. Hargai Klien dan Deadline Anda

Saat kuota pesanan sudah full, penulis lepas akan dengan mudah merasa lelah. Istirahat boleh saja, tapi jangan keterusan. Ingatlah bahwa pelayanan yang baik akan membuat klien membeli lebih banyak lagi jasa anda.

Pahamilah kuota harian anda, jangan sesekali memaksa menerima pesanan terlalu banyak. Walaupun uang memang menjadi motivasi yang utama. Tapi pelayanan yang baik harus selalu menjadi prioritas.

Jika anda kebanyakan menerima orderan, tentu saja anda akan mudah lelah dan akhirnya teledor dalam mengerjakan pesanan. Tak hanya masalah deadline yang mungkin saja terlampaui. Pengurangan kualitas tulisan juga akan menjadi sebuah kemunduran bagi bisnis penulisan lepas yang anda miliki.

Jagalah kesehatan anda dan jagalah kejernihan kualitas tulisan anda. Tetaplah menulis dengan jujur, terstruktur dan implementasikan gaya khas penulisan anda yang tentu saja asik dinikmati pembaca.

4. Naikkan fee anda secara berkala

Penulis lepas yang baru saja memulai usahanya akan rentan terekspos pada fee yang kurang layak. Jangan khawatir, pengalaman akan mengajari anda bagaimana melakukan negosiasi harga.

Sedikit tips bagi anda yang baru mulai, fee yang buruk mungkin membuat anda galau memulai bisnis ini. Tapi jadikanlah harga awal ini sebagai tolak ukur kemampuan menulis anda. Yakinlah jika kemampuan ini terus anda asah, anda akan dapat menaikkan harga jasa anda secara berkala.

Ketika memilih bidang pekerjaan penulisan lepas usahakan anda berlatih juga untuk berkomunikasi dengan tegas. Cintai diri anda dengan terus menghargai waktu dan kemampuan anda melalui bayaran yang setimpal.

5. Terus Belajar Tanpa Kenal Lelah

Seorang penulis harus memahami bagaimana cara belajar seumur hidup. Kosongkan gelas anda maka pengetahuan baru akan terus memenuhinya. Tetapi jika anda datang dengan gelas yang sudah penuh maka anda tidak akan mendapatkan apapun.

Belajar seumur hidup adalah komitmen dan janji untuk menghargai ilmu pengetahuan. Seorang penulis lepas bekerja dekat dengan informasi ini. Tanpa pikiran yang terbuka anda tentu dapat dengan mudah tersesat di perjalanan menjadi penulis tenar.

Jangan pernah menyerah pada diri sendiri dan jangan pernah menyerah pada pembelajaran hidup. Dekatilah sebuah materi dengan riset yang baik dan korbankan sedikit waktu untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat mengembangkan pola pikir anda.

8. Bangun Portfolio di Sosial Media

Portfolio adalah hal yang sungguh sangat penting bagi seorang penulis. Apa saja sih isi portfolio bagi penulis? Isi portfolio penulis tentu saja hasil tulisan terbaiknya.

Rangkumlah jasa penulisan anda dalam sebuah file PDF. Tidak perlu semuanya tapi ambil saja beberapa sample tulisan anda dan buatlah file untuk menunjukkan kinerja anda di bidang penulisan yang telah anda pilih.

Simpanlah portfolio ini untuk nantinya digunakan ketika ada klien menanyakan contoh jasa yang dapat anda sediakan.

Tidak hanya file sample, sebagai seorang penulis lepas peran sosial media sangat penting dalam mendatangkan pekerjaan-pekerjaan baru.

Walaupun memang seorang penulis identik dengan orang introvert yang benci keramaian, usahakan anda tetap bergabung dengan keramaian tersebut melalui platform sosial media. Paling tidak sediakan akun untuk sesekali bersinggungan dengan masyarakat serta klien yang jelas membutuhkan jasa anda.

Sesuaikanlah konten sosial media anda dengan kaidah penulisan SEO. Hal ini berguna untuk mendatangkan lebih banyak traffic ke akun sosial media anda. Hasilnya tentu saja anda akan menjangkau lebih banyak lagi klien yang potensial.  

Demikianlah sedikit tips yang bisa saya berikan tentang bagaimana memulai bisnis sebagai seorang penulis lepas. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam membangun karya anda sendiri. Akhir kata, saya ucapkan selamat mencoba!