8 Cara Mudah Memulai Bisnis Makanan Di Rumah Sendiri

Sebelum memutuskan untuk mengawali suatu usaha, ada banyak sekali pertanyaan yang harus anda selesaikan. Bisnis apakah yang ingin Anda bangun? Bagaimana tren bisnisnya? Apa saja keuntungannya? Berapa modalnya? Dan lain sebagainya. Jika ternyata yang anda cari adalah sebuah bisnis yang menguntungkan dengan potensi keberlangsungan dan pengembangan yang luas maka bisnis makanan kuliner adalah jawaban yang tepat untuk anda. Begini cara memulai bisnis makanan di rumah sendiri, jangan lewatkan!

Keuntungan Bisnis Kuliner

1. Target Market Yang Luas

Makanan tentu saja adalah salah satu kebutuhan primer manusia yang harus dipenuhi setiap saat bersama dengan kebutuhan utama lainnya seperti rumah dan pakaian. Tidak ada manusia yang bisa bertahan hidup tanpa makanan. Jadi bisa dipastikan sebuah bisnis makanan akan selalu punya target pasarnya yang luas dan beragam.

2. Dapat Berkembang Menjadi Franchise

Bisnis kuliner juga merupakan satu dari banyak bisnis yang mudah sekali diubah jadi franchise. Lihatlah saja bermacam-macam booth makanan cepat saji di kota tempat tinggal anda. Tak jarang mereka dapat mengembangkan bisnisnya hingga mencapai pasar dunia. Jangan lupa perhatikan juga beragam makanan unik yang bisnisnya dimulai dari gerobak di depan mini market. Kebanyakan dari mereka kini dapat menjual ribuan gerobak di seluruh penjuru Indonesia. Dengan mengembangkan bisnis makanan menjadi franchise, maka keuntungan yang luar biasa besar dapat anda raup.

3. Sederhana Dan Mudah Beradaptasi

Dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya, bisnis kuliner terbilang masih sangat sederhana. Yang perlu anda lakukan hanya memasak lalu kemudian menjualnya. Bahkan ketika anda tidak bisa membikin resep tersendiri, anda bisa saja membeli resep signature dari koki yang sudah lebih berpengalaman.  Tak cukup sampai disitu, anda pun dapat mempekerjakan pegawai yang mampu memasak. Jadi, tidak perlu ribet yang harus anda lakukan hanya menyusun dan mengatur manajemen bisnis dengan baik saja.

Cara Memulai Bisnis Makanan

1. Komitmen

Hal pertama yang perlu anda siapkan untuk memulai sebuah bisnis tentunya adalah komitmen. Usaha jenis apapun yang sedang ataupun akan dimulai pasti membutuhkan komitmen yang stabil. Sebuah komitmen kuat yang dipunyai oleh pelaku bisnis kadang dapat menyelesaikan masalah yang dapat timbul ketika bisnis mulai berjalan. Meski anda hanya memulai bisnis ini sebagai pengisi waktu luang, komitmen yang baik tentunya tetap harus dikembangkan.  

2. Konsep Unik Dan Menarik

Konsep bisnis menjadi satu hal yang harus dipikirkan masak-masak ketika anda hendak mulai melangkah. Dalam bisnis kuliner, konsep unik, otentik, dan menarik dapat menjadi nilai tambah usaha anda. Maka dari itu, sebelum anda membuka usaha kuliner ini akan lebih baik jika anda mencari konsep yang paling menarik. Usahakan konsep yang anda buat ini benar-benar original dan berbeda dari usaha kuliner yang sudah ada. Konsep unik akan membuat pelanggan penasaran dan akhirnya menjadi pelanggan tetap.

3. Persiapan Dana Sebagai Modal Awal

Dana selalu menjadi faktor krusial ketika hendak memulai suatu bentuk usaha. Tak jarang ia menjadi tantangan pertama yang harus dilalui sebelum sebuah usaha dapat resmi berdiri. Sering anda dengar banyak calon-calon pebisnis mengalami kegagalan realisasi pada tahap ini. Apakah anda juga demikian?

Bicara soal modal efisiensi finansial selalu menjadi jawaban. Sedikit tips, anda harus mulai mengatur prioritas anda. Bagilah daftar kebutuhan usaha anda menjadi kebutuhan utama, kebutuhan secondary dan kebutuhan tersier. Niscaya, anda akan dapat menggunakan modal anda dengan lebih efektif.

Anda dapat memulai bisnis dari sejumlah modal yang sudah anda miliki sebelumnya. Lalu kemudian anda dapat secara berkala menabung sebagian keuntungan guna diinvestasikan ulang sebagai modal tambahan. Selain itu, anda juga dapat mengambil jalan pintas dengan cara meminjam modal. Ada banyak tempat peminjaman antara lain koperasi dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

4. Mempersiapkan Lokasi Masak Di Rumah

Lokasi usaha yang strategis bisa jadi poin penting untuk bisnis kuliner anda. Apalagi bisnis ini baru saja dimulai. Untungnya di masa kini anda tidak perlu ribet menyewa atau memilih tempat. Dengan adanya layanan pengantaran online, produk anda dapat menjangkau siapa saja meski berlokasi di rumah sendiri. Yang perlu anda lakukan hanyalah mendaftarkan koneksi anda ke jaringan layanan antar yang tersedia misalnya Go-Food atau Grab Food.   

5. Inovasi

Yang selalu membedakan pengusaha makanan dengan pebisnis yang lainnya mungkin adalah kemampuan inovasi mereka. Sifat ini sendiri dapat dipraktekkan di banyak sisi bisnis kuliner misalnya packaging, bentuk, citarasa, kreasi penyajian serta pembuatan. Anda harus mempersiapkan diri anda sebelum memutuskan untuk masuk ke dalam iklim inovatif ini.

Satu contoh kesuksesan dalam hal inovasi bisnis kuliner tentunya adalah fenomena tahu bulat yang sempat merajalela di seluruh kalangan masyarakat. Tahu bulat menjadi hits karena inovasi di bidang pemasarannya.

6. Marketing Yang Baik

Apabila anda sudah familiar dengan lima langkah di atas, sekarang saatnya anda menentukan cara-cara marketing yang baik untuk menjangkau target pasar produk anda. Target pasar bisnis makanan memang akan terlihat sangat luas. Tetapi ini tidak akan cukup jika anda tidak melakukan langkah-langkah marketing yang berarti.

Fokuslah pada konsumen awal anda lalu bangunlah jaringan pemasaran dari situ. Selebaran, poster serta koneksi sosial media juga menjadi alat marketing yang penting di jaman sekarang. Buatlah akun-akun sosial media yang baik untuk dapat segera memasarkan produk anda

7. Promosi

Ada banyak jenis strategi promosi yang bisa dilakukan. Salah satu yang bisa dibilang paling sederhana dan juga tepat sasaran adalah promosi produk melalui mulut ke mulut. Tentu saja, anda harus dapat menarik “mulut-mulut” ini terlebih dahulu untuk membeli atau merasakan meja makan anda. Setelah mereka mengenal produk baru anda maka mereka dapat mulai mempromosikannya.

8. Menjaga Reputasi Dan Kepercayaan Bisnis

Dari ke delapan cara yang harus anda ambil ketika hendak memulai bisnis makanan, cara ke delapan inilah yang harus anda lakukan setelah bisnis berdiri dengan solid. Ketika brand anda telah populer di kalangan luas, salah satu tantangan terberat adalah berusaha menjaga reputasi dari brand itu. Brand anda harus tetap tangguh dan terpercaya agar dapat terlihat bagus di mata pelanggan. Reputasi akhirnya juga menjadi faktor utama yang akan mempengaruhi keberlangsungan bisnis kuliner anda.

Entah lama maupun baru, bisnis makanan memiliki kecenderungan rawan diterpa issue yang cukup sensitif. Anda harus terus berusaha menjaga reputasi usaha anda dengan cara meningkatkan kualitas produk serta layanan terhadap para pelanggan. Tak hanya itu, anda diharapkan mengembangkan kualifikasi yang dinilai sesuai dengan konsep bisnis anda. Anda pun harus merekrut sumber daya yang baik untuk dipekerjakan.

Ini adalah beberapa cara mudah memulai bisnis makanan di rumah sendiri. Anda dapat mulai mempraktikkannya di lingkungan anda.