7 Peluang Bisnis Kuliner Terlaris Tahun 2020

Bisnis Kuliner tidak ada matinya karena semua orang pasti butuh makan. Kuliner yang lezat dengan penyajian yang menarik tentu akan mendominasi pasar.

Jika anda tertarik mencoba bisnis kuliner, artikel ini mungkin dapat sedikit memberi informasi mengenai kuliner yang sedang tren tahun ini. Langsung saja, kami perkenalkan 7 Peluang Bisnis Kuliner Terlaris Tahun 2020.

1. Bisnis Kuliner Jajanan Lawas

Jajanan lawas selalu menempati ruang tersendiri di hati penggemarnya. Beberapa jajanan yang tetap populer hingga abad ini antara lain mi lidi, rambut nenek, jipang, gulali, kembang gula, dan krip-krip.

Karena itulah, anda dapat menjajal berjualan jajanan jadul ini atau mengemasnya ulang sehingga dapat menambah nilai jualnya.

Tak hanya itu, anda juga dapat bereksperimen dengan varian rasa untuk memasarkan jajanan ini ke seluruh penjuru negeri. Memberi topping bervariatif juga baik dilakukan untuk menggenjot pemasaran.

Salah satu contoh re-packaging saat ini ada pada mi lidi dan rambut nenek yang mulai memasuki pasar supermarket. Kemasan yang berbeda dan produk yang sudah masuk pabrik akhirnya dapat mendatangkan keuntungan yang besar bagi pihak pengusahanya.

2. Minuman Bobba

Boba adalah nama beken dari bubble tea di kalangan orang Indonesia. Tren boba di tahun 2020 ini semakin meluas dengan masuknya berbagai macam franchise ke Indonesia misalnya Xi Bo Ba dan Xing Fu Tang.  

Bisnis minuman boba dapat dibilang sangat laris. Tidak hanya di kalangan orang Indonesia, orang luar negeri pun sangat menggemari bisnis kuliner ini.

Tak heran anda dapat menemukan pedagang milk tea boba dan es kopi boba di setiap sudut kota anda

Boba dibuat dari tepung tapioka yang dimasak dan dibentuk hingga menjadi bola bola kecil. Sebenernya minuman ini sudah ada sejak jaman 90an, tapi sayangnya pada saat itu minuman tersebut tidak sepopuler sekarang.  

Tahun 2020 adalah puncak kepopuleran boba. Mumpung lagi naik daun ada baiknya anda mulai mencoba-coba mencicipi keuntungan dari bisnis ini.  

Untuk memulai bisnis minuman boba anda dapat memilih membeli franchise atau membuat produk tersendiri. Banyak resep boba tersedia di internet apabila anda membutuhkan referensi untuk pembuatan menu.

3. Roti Bakar

Roti bakar mudah sekali ditemui di beragam lokasi kuliner. Roti bakar dijual di banyak tempat dengan banyak cara pula. Dari gerobak jadul hingga restoran kekinian semua menjual roti bakar.

Bisnis roti bakar ternyata memang digandrungi pengusaha kuliner. Pangsa pasarnya yang sangat banyak membuat omzet penjualan makanan ini menjadi sangat tinggi. Jika anda ingin mencobanya yang perlu anda lakukan pertama kali adalah mencari lokasi dan target market yang tepat.

Ada berbagai macam roti bakar yang populer di kalangan masyarakat, contohnya roti bakar bandung, roti bakar kekinian dan masih banyak lagi. Pastikan anda sudah memilih jenis roti yang tepat ketika hendak membuka bisnis roti bakar anda.

Dengan maraknya bisnis kuliner kekinian, para pengusaha kuliner menjadi getol berlomba-lomba memberi inovasi rasa, tempat, dan pelayanan untukn menarik pembeli.

4. Martabak

Martabak tidak pernah kehilangan popularitasnya barang sekejap di kalangan masyarakat. Tua muda miskin kaya sangat menggemari makanan yang satu ini.

Hal ini membuat martabak sudah pasti memiliki penggembar dan pembeli yang setia. Maka dari itulah, anda harus mempertimbangkan membuka kedai martabak sebagai salah satu bentuk usaha anda.

Ada beragam jenis martabak yang digemari. Tetapi, yang terbaru adalah munculnya martabak mini. Karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa kemana-mana, martabak ini menjadi salah satu martabak terlaris di pasaran.

Jika anda memilih membuka bisnis penjualan martabak, pastikan resep anda sudah enak dan sudah mempunyai ciri khas tersendiri. Baru setelah itu anda harus menyiapkan diri anda menghadapi iklim kompetitif. Bagaimana tidak? Bahkan anak presiden pun memilih jualan martabak sekarang ini.

5. Onigiri

Onigiri adalah salah satu jenis makanan populer yang berasal dari negeri sakura. Bentuk dan rasanya pun bermacam-macam. Ada yang berbentuk segitiga, kotak, maupun bintang kejora. Ada yang berisi daging, ayam, bahkan tuna serta bebek.  

Bagi banyak orang Indonesia onigiri dinilai sebagai makanan selingan saja. Hal ini terjadi karena porsinya yang cukup kecil. Kendati demikian popularitas makanan ini terus meningkat. Onigiri bisa digunakan sebagai solusi darurat pada saat kelaparan.

Makanan ini terdiri dari nasi, nori atau rumput laut yang dikeringkan, dan berbagai macam isian seperti daging ayam, tuna, salmon, sapi, mayones, bubuk cabe, atau plum kering.

Pembuatan onigiri cukup mudah, anda tinggal mengepalkan nasi dan memasukkan isian ke dalamnya. Setelah itu bungkus nasi tersebut dengan nori.

Kalau anda bingung mencari referensi mengenai bentuk dan rasa, anda bisa mengunjungi minimarket yang menjual onigiri. Untuk resepnya sendiri, anda bisa melihat dari berbagai video yang ada di internet dan menyesuaikan resepnya dengan seleramu.

6. Bisnis kuliner aneka makanan pedas.

Apakah anda penggemar masakan pedas? Jika anda menjawab iya bisa dibilang anda adalah orang Indonesia tulen. Masyarakat Indonesia memang doyan sekali masakan pedas. Ini terlihat jelas dari berbagai kuliner masakan pedas yang selalu tersedia di beragam tempat.

Sudah tak dipungkiri lagi, masyarakat Indonesia merupakan penggemar makanan pedas. Banyak masakan Indonesia yang dapat ditemui di berbagai daerah memiliki citarasa pedas khas rempah Indonesia. Hal ini yang membuat makanan pedas masuk dalam 10 jenis usaha kuliner yang paling laku di Indonesia.

Jika menilik dari usaha-usaha makanan pedas sebelumnya, seperti seblak, ayam geprek, hingga makanan ringan seperti keripik pedas. Makanan-makanan pedas tersebut sukses mendapat hati tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Hal ini yang membuat bisnis makanan pedas makin menjamur dan tak pernah sepi pembeli.

7. Fast Food

Siapa sih yang tidak suka makan fast food. Mulai dari KFC, Mc Donalds hingga Sabana umum ramai pembeli dan pengunjung. Semua orang Indonesia pasti suka fast food apalagi ayam crispy.

Tak hanya di Indonesia, fast food juga digemari di mancanegara. Penyajian yang cepat adalah salah satu daya Tarik utama bisnis kuliner ini.

Jika anda dapat mengatur dapur dengan baik maka anda dapat dengan mudah menaklukkan tantangan berdagang fast food. Ingatlah bahwa selain cepat fast food juga harus lezat. Ketika anda sudah menguasai keduanya niscaya dagangan anda akan selalu dipadati antrean pembeli.

Fast food meliputi banyak jenis makanan, termasuk di dalamnya ayam crispy, kentang goreng, burger, hot dog dan juga tren hari ini yaitu ayam geprek.

Anda bisa mulai membuka usaha kuliner fast food ini secara minim seperti menjual kebab dan burger. Kaum milenial merupakan salah satu konsumen paling banyak dari usaha fast food ini.