7 Bisnis Online tanpa Modal yang Rekomendasi

Berbagai peluang bisnis online tanpa modal sangat banyak sekali di Internet. Dan bagi para pemula adalah yang dapat dijalankan tanpa modal. Pada kata tanpa modal ini tak berarti tidak mengeluarkan uang sepeserpun, kami lebih setuju dengan menyebutnya dengan bisnis online modal kecil atau hampir tidak mengeluarkan modal.

Berikut telah kami rangkum bisnis online tanpa modal atau modal sedikit yang dapat menginspirasi Anda.

1. Toko virtual (e-commerces)

Salah satu cara terbaik untuk menghasilkan uang dari bisnis online adalah dengan membuat toko online atau e-commerce.

Banyak perusahaan di berbagai segmen tidak memiliki kehadiran digital aktif atau memiliki situs web yang sudah ketinggalan zaman, yang memberi Anda ruang untuk memanfaatkan kekurangan ini dan menawarkan layanan yang jauh lebih baik.

Di sisi lain, tergantung niche pasar, persaingannya hebat dan butuh banyak pekerjaan untuk menonjol dari toko virtual lainnya.

Tetapi dengan memiliki rencana strategis yang dibangun dengan baik dan mengeksekusi teknik pemasaran yang tepat, Anda dapat mengubah toko online Anda menjadi sesuatu yang sangat menguntungkan.

Jadi, untuk memulai e-commerce Anda, langkah pertama adalah menemukan pasar yang menguntungkan dan mendefinisikan audiens target Anda dengan baik.

Selanjutnya, Anda perlu berinvestasi dalam membuat situs web dengan desain yang menarik dan responsif – setelah semua, orang membeli lebih banyak dan lebih banyak lagi di ponsel mereka.

Selain itu, Anda juga harus:

  • Buat deskripsi produk yang baik dengan menerapkan teknik SEO untuk optimasi mesin pencari
  • Buat sesi FAQ dengan pertanyaan umum
  • Investasikan dalam sertifikasi digital dan kebijakan privasi
  • Pilih metode pembayaran
  • Tentukan logistik untuk pengiriman produk
  • Promosikan produk Anda di saluran lain (blog, jejaring sosial, dll.)
  • Investasikan dalam pemasaran ulang.

2. Blog atau situs web khusus

Jika Anda memiliki pengalaman, hasrat atau minat pada suatu subjek, Anda siap untuk mulai menghasilkan uang dari blog atau situs niche khusus – jika Anda tahu bagaimana cara menguangkannya, tentu saja.

Selain itu, Anda memiliki kenyamanan untuk dapat bekerja dari rumah.

Anda dapat memulai blog Anda dengan investasi minimal, tetapi Anda harus rela mengerahkan upaya ekstra untuk menulis artikel yang berkualitas, belajar dan menerapkan SEO dan melakukan pemasaran konten.

Selain itu, perlu diingat bahwa tulisan yang ditulis hanyalah awal.

Foto, video, dan tautan ke situs lain, meneruskan berita dan artikel lainnya … semuanya valid, asalkan itu berkaitan dengan niche Anda. Ingat bahwa, terlepas dari target pasar, Anda perlu membuat konten secara konsisten.

Itu juga harus berupa konten yang mengajarkan, menginformasikan, atau menghibur orang. engan kata lain, Anda perlu menangkap minat audiens dalam beberapa cara. Dengan konten asli yang diproduksi dan diterbitkan terus-menerus, Anda dapat menghasilkan uang dari blog dengan cara berikut:

  • Menampilkan iklan di blog, biasanya melalui Google Adsense. Anda dibayar untuk tayangan iklan (CPI) atau klik iklan (CPC)
  • Pemasaran afiliasi, di mana Anda mendapat komisi yang mempromosikan produk atau layanan perusahaan kepada pembaca Anda
  • Komentar dan pos berbayar.

Walaupun semua metode di atas dapat mendatangkan untung besar, salah satu alasan utama banyak blogger pemula gagal menghasilkan uang adalah karena mereka akhirnya memilih metode monetisasi yang salah.

Karena itu, fokuslah pada strategi yang paling sesuai dengan biche pasar Anda.

3. Bisnis Online tanpa Modal – Menghasilkan konten untuk perusahaan

Jika Anda memiliki kecenderungan alami dan hasrat untuk menulis, memproduksi konten untuk perusahaan dapat menjadi cara untuk menghasilkan uang secara online dan merupakan bisnis online tanpa modal.

Bekerja sebagai penulis lepas, membuat artikel blog, deskripsi produk atau jenis materi lainnya, adalah cara yang bagus untuk mencapai kemandirian finansial, karena Anda dapat bekerja dari jarak jauh dan memiliki lebih banyak kendali atas rutinitas Anda.

Untuk mulai membangun basis klien Anda, Anda dapat mendaftar di situs freelance dan membangun otoritas dan kredibilitas Anda sebagai copywriter.

Anda dapat membuat teks atau bahkan menandatangani proyek yang menyertakan paket dengan beberapa artikel dengan perusahaan yang Anda layani.

4. Saluran video YouTube

Jika Anda suka ide berada di belakang kamera, sekarang saatnya untuk menikmatinya, buat saluran YouTube, dan hasilkan video yang menghasilkan uang.

YouTube telah menjadi salah satu situs yang paling banyak dikunjungi saat ini. Orang-orang menonton banyak konten di platform. Ada sekitar 400 jam video yang diunggah ke YouTube setiap menit dan sekitar satu miliar jam ditonton per hari.

Bukan kebetulan, video adalah strategi yang sangat baik bagi Anda untuk membuat konten yang bermanfaat dan berharga bagi audiens Anda.

Pada saat yang sama, Anda dapat menyajikan video yang berbicara tentang topik yang menarik bagi niche Anda, juga berkontribusi untuk menghasilkan uang dari konten itu. Berbicara tentang menghasilkan uang, kami tidak dapat membantu tetapi menyoroti peluang untuk menghasilkan pendapatan iklan.

Untuk melakukan ini, Anda perlu mengaktifkan monetisasi di pengaturan YouTube Anda.

Ini pada dasarnya memberi Google izin untuk memasukkan iklan AdSense kecil dalam video Anda – iklan yang biasanya muncul sebelum video dimulai.

  • Dalam hal ini, ketika pemirsa mengklik iklan, Anda dibayar.
  • Dan masih ada lagi.
  • Peluang lain untuk mendapatkan uang dari saluran YouTube adalah melalui sponsor berbayar.

Untuk melakukan ini, Anda perlu membangun basis pengikut yang cukup bagi perusahaan untuk memutuskan membayar untuk mempromosikan atau menyebutkan produk dan layanan di video mereka.

  • Yang terbaik dari semuanya, Anda tidak perlu peralatan super profesional untuk produksi Anda.
  • Anda dapat mulai dengan ponsel cerdas atau kamera video sederhana.
  • Tetapi berhati-hatilah dengan aspek-aspek seperti pencahayaan dan audio.

Selain itu, gunakan perangkat lunak pengeditan sederhana untuk mengubah, menyisipkan, dan memodifikasi elemen. 

Untuk memperluas jangkauan video Anda, pastikan untuk mempostingnya di media sosial, blog Anda dan saluran lainnya.

5. Bisnis Online tanpa Modal – Infoproduk

Anda tidak perlu harus menjual produk fisik untuk memiliki bisnis online.

Faktanya, infoproduk – informasi digital yang dapat diperdagangkan adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk menghasilkan uang di internet.

Ada beberapa cara untuk membuat konten ini, tetapi format infoproduk yang paling populer meliputi:

  • Audio: wawancara, kursus, atau produk lisan lainnya
  • Video: rekaman webinar , video tutorial, dan wawancara
  • Teks: e-book , buku petunjuk, panduan perjalanan, dll.

Terlepas dari kategorinya, yang penting kontennya menarik dan bermanfaat bagi audiens target Anda.

Selain itu, infoproduk akhirnya menjadi resep pasif, yaitu, Anda mendapatkan uang saat Anda “tidur”.

Namun, pastikan untuk memantau penjualan secara berkala untuk melihat topik atau jenis produk mana yang paling baik.

Hal ini memungkinkan untuk memenuhi syarat strategi untuk membuat infoproduk baru dan menjual lebih banyak.

6. Jual foto

Menjual foto di internet bisa lebih menguntungkan daripada yang Anda pikirkan.

Jadi, jika Anda memiliki keterampilan yang baik sebagai seorang fotografer, saatnya untuk mengubah kamera Anda menjadi uang.

Jelas, untuk memulai bisnis jenis ini, Anda perlu berinvestasi pada kamera yang mengambil foto berkualitas. Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan dalam fotografi, menarik untuk berinvestasi dalam kursus yang memberi Anda dasar tentang cara memotret.

Dengan portofolio Anda, Anda dapat mendaftar di satu atau lebih bank gambar, seperti Shutterstock atau iStockPhotos, dan memasarkan gambar Anda pada platform ini.

7. Menawarkan konsultasi online

Jika Anda memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman luas dalam bidang tertentu, maka Anda dapat memiliki apa yang diperlukan untuk menghasilkan uang dengan melakukan konsultasi online.

Sebagai seorang konsultan, Anda harus menerapkan keterampilan dan pengalaman Anda untuk membantu klien memecahkan masalah apa pun yang mereka miliki di bidang keahlian mereka.

Perlu diingat bahwa, selain pengetahuan, juga perlu memiliki hubungan interpersonal yang baik, menggunakan teknik penjualan dan merencanakan pemasaran pribadi solid.

Semua ini bertujuan untuk membuat klien melihat nilai dalam konsultasinya.