4 Peluang Usaha Rumahan Yang Patut Anda Coba

Banyak peluang usaha rumahan yang patut anda coba untuk menambah pundi-pundi keuangan anda. Usaha bisa berawal dari mana saja, bisa berawal dari hal kecil, atau hal iseng, bisa juga hal yang tak terduga dan jarang dikerjakan oleh orang lain. Usaha bisa dimulai di rumah anda sendiri. Tentunya dengan usaha di rumah sendiri telah memangkas biaya sewa tempat untuk usaha anda. Selain itu, membuka usaha di rumah, anda dapat mengatur waktu anda sendiri. Usaha ini bisa dimulai dari teman-teman, kerabat, ataupun tetangga terdekat. Berikut beberapa peluang usaha yang bisa anda lakukan di rumah:

Catering

Jika anda ahli dalam menciptakan berbagai menu masakan atau hobi memasak dan mencicip makanan, Jikalau bukan anda, melainkan istri, ibu, atau anggota keluarga yang memiliki bakat memasak, usaha catering patut anda coba. Berbekal dari testimoni dari teman, kerabat, atau tetangga tentang  masakan anda, anda sudah bisa memulai peluang usaha rumahan ini.

Anda bisa membuat berbagai paket bagi customer sesuai dengan harga dan kebutuhan. Menyiapkan menu-menu spesial dan khas buatan anda dengan visual yang menarik.

Agar menarik customer yang lain maka kemasan perlu diperhatikan, alangkah baiknya membuat kemasan atau desain sesuai dengan perkembangan zaman atau sesuai dengan konsep dari usaha tersebut . Kemasan yang cantik dan cita rasa yang khas akan menjadi daya tarik tersendiri bagi usaha anda.

Marketing bisa di mulai dengan memberikan nomor WA yang bisa tertera pada kemasan produk ataupun dengan menggunakan kartu nama. Selain itu, media sosial sangat berfungsi untuk mempromosikan usaha anda. Misalkan instagram, dapat memberikan daya tarik visual dari produk yang akan anda jual. Ini termasuk peluang usaha rumahan yang paling gampang.

Kedai kopi

Anda bisa menyulap garasi yang tidak terpakai atau halaman rumah dengan taman yang cukup luas. Tempat-tempat sederhana  di rumah anda juga bisa menjadai nilai tawar dalam konsep sebuah kedai kopi. Misalkan saja, anda memiliki rumah peninggalan zaman belanda beserta pernak-pernik furniture di dalamnnya, atau pun halaman dan taman yang luas dan menarik, atau sebuah garasi mungil dengan penataan yang minimalis.

Tidak hanya tempat yang menarik anda juga harus paham dengan kopi yang akan anda sajikan. Anda bisa belajar kopi dengan mengikuti kelas barista untuk bisa membuat kopi yang nikmat. Bisa juga dengan belajar di kedai kerabat, ataupun belajar sendiri melalui video maupun artikel-artikel yang membahas tentang kopi. Pengetahuan tentang kopi bisa diasah sembari menjalankan usaha tersebut.

Anda bisa mengundang teman, kerabat, atau tetangga untuk datang ke kedai anda. Lalu, memberikan promo ntuk menarik customer. Selain tempat yang nyaman dan kopi yang nikmat, pelayannan yang baik juga membuat daya tarik tersendiri bagi customer.

Media sosial juga menjadi poin penting dalam menjalankan usaha, anda bisa memperlihatkan suasana kedai ataupun menu-menu yang anda jual.

Laundry

Laundry Pakaian

Pakaian yang bersih menjadi kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang. Tuntutan pekerjaan kadang tidak menyisakan waktu untuk membereskan pakaian sendiri. Hal ini menjadi peluang Usaha bagi anda dengan membuka jasa laundry pakaian.

Proses dalam melakukan laundry pakaian.

  1. Pakaian kotor ditimbang,
  2. Mengenanakan tarif perkilo,
  3. Memberikan jadwal pengambilan pakaian.
  4. Melaundry pakaian
  5. Menyimpan pakain (samapai waktu pengambilan)

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan laundry pakaian

  1. Mesin cuci,
  2. Setrika uap,
  3. Detergen dan pewangi,
  4. Air
  5. Plastik
  6. Timbangan

Biasanya waktu proses pengerjaan laundry mempengaruhi harga laundry tersebut. Semakin cepat atau kilat proses pengerjaan maka semakin mahal pula tarif yang dikenakan. Selaian itu, Hal lain yang perlu diperhatikan dalam melakukakn pengerjaan laundry adalah tempat untuk menjemur pakaian dan tempat menyimpaan pakainan yang telah jadi. Maka dari itu, usaha ini membutuhkan tempat atau space yang lebih. Anda juga bisa menambahkan fitur antar-jemput  pakaian untuk daerah sekitar atau tempat-tempat yang terjangkau.

Laundry Sepatu

Di era milenieal ini tidak hanya jasa bersih pakain tapi juga jasa bersih sepatu. Sepatu menjadi kebutuhan sehari-hari bagi para kaum milenial. Apa lagi sepatu yang selalu bersih menjadi daya tarik tersendiri. Kebutuhan akan kebersihan sepatu ini menjadi peluang usaha rumahan di era milenial.

Anda bisa mulai dengan membersihkan sepatu anda sendiri, lalu menawarkan jasa tersebut ke teman-teman anda. Lalu buat testimoni untuk menarik dan mendapat kepercayaan dari customer.

Berbekal media sosial anda akan memperluas jaringan usaha anda.

Online Shop

Sangatlah popular peluang usaha rumahan ini, Anda bisa berjualan barang apa saja dengan modal yang anda punya. Usaha ini terbilang cukup mudah, hanya membutuhkan koneksi internet yang baik serta rekening untuk melakukan transaksi. Misalkan anda bisa berjualan alat-alat make up. Anda hanya perlu mendaftar pada platform penyedia jasa toko online (misalkan tokopedia, sophee atau tempat yang lain). Lalu anda cukup mendaftar dan membuat toko anda sendiri dengan mengupload barang-barang yang anda jual. Pastikan foto produk yang anda gunakan cukup menarik bagi pembeli. Selain platform toko online tersebut, anda juga bisa menggunakan media sosial yang anda punya untuk berjualan.

Setelah ada pesanan masuk,  produk yang dipesan sesuai dengan jumlah dan alamat, anda tinggal mengirimnya melalui penyedia jasa paket. Misalkan JNE, TIKI, atau jasa penyedia paket lainnya. Pastikan paket yang akan dikirim sesuai jenis barang dan jasa pengiriman. Selain itu, anda bisa memberikan diskon untuk menarik pembeli dan meningkatkan penjualan. Anda bisa menjual barang yang sedang tren pada saat ini. Misalkan menjual rokok elektrik “Vapor”. Tentu saja usaha in tidak butuh banyak tempat, hanya membutuhkan sedikit tempat untuk menyimpan barang yang akan dijual.

Thrift Store (Pakaian Bekas)

Usaha pakaian bekas ini meliputi pakaian yang masih layak pakai dan terlihat bagus. Pakaian ini bisa meliputi Kaos (import maupun lokal), ataupun pakaian ber-merk dari brand ternama. Mulai dari kaos, jaket, sweater, jumper, celana dan pakain lainnya. Anda bisa memilih untuk menjual jenis tertentu saja, misalkan hanya kaos band atau pakaian pada era tertentu saja. Misalkan pakaian era 90an. Biasanya untuk kaos  yang unik,  “rare” atau terbilang langka, harga jualnya bisa lebih tinggi

Biasanya harga beli pakaian bekas terbilang cukup murah dan terjangkau. Namun setelah di-display, harga pakaian bisa jauh berbeda.

Proses dalam menjual pakaian bekas

  1. Membeli  pakaian dalam jumlah banyak
  2. Menyortir pakaian
  3. Membersihkan pakaian (mencuci hingga menyetrika)
  4. Mendisplay dengan rapi dan menarik (bisa menambahkan tag harga dan nama toko pada pakaian yang dijual)

Anda bisa mempergunakan bekas garasi atau halaman depan rumah anda untuk tempat display pakaian-pakaian tersebut. Jika ada ruang lebih, sebaiknya anda menyediakan kamar pas untuk pembeli agar bisa mencoba pakaian yang akan dibeli tersebut.

Anda bisa juga mempostingnya di media sosial untuk mepromosikan pakaian tersebut, atau para pembeli bisa memesannya lewat media sosial atau kontak yang telah tersedia.

Berikut tadi merupakan beberapa peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan. Selamat mencoba!